MACCANEWS - Layanan Call Center 112 yang diluncurkan di Kota Makassar oleh Mohammad Ramdhan Pomanto pada tanggal 9 november lalu, bertepatan hari ulang tahun kota Makassar yang ke 409, memiliki banyak kehebatan. Apa saja kehebatan itu? Berikut ulasannya:
- Layanan 112 bisa diakses dengan cepat secara gratis.
- Layanan 112 bisa dihubungi meskipun telepon seluler dalam kondisi terkunci
- Layanan 112 bisa menggunakan ponsel tanpa menggunakan chip provider.
- Layanan 112 akan berpusat di War Room, lantai sepuluh gedung balaikota Makassar. Ruangan tersebut, juga menjadi pusat kendali seluruh layanan smart city kota Makassar, termasuk pemantauan CCTV kota.
- Layanan aktif selama 24 jam non stop.
- Langsung terhubung dangan pemadam kebakaran, layanan Makassar Home care, dinas perhubungan, Penanggulangan Bencana, PMI, termasuk juga kepolisian.
- Mirip layanan 911 yang ada di Amerika serikat.
Luar biasa kan? Demi menyukseskan layanan ini, Kementerian Kominfo berupa bantuan hardware, software, termasuk juga jaringan dan SDM.
Kepala Seksi Perencana dan Monitoring Direktorat pengembangan Pita Lebar khusus, Kementerian Kominfo, Agung Setio Utomo menjelaskan bahwa kota Makassar merupakan salah satu dari sepuluh kota di Indonesia yang menjadi proyek percontohan penerapan nomor tunggal panggilan darurat 112.
Para operator 112 telah mendapat materi pelatihan seperti komunikasi dan call manajemen, pengenalan aplikasi, service mindset and teamwork, stress manajement, layanan kebakaran, kebencanaan, polisi dan juga darurat kesehatan, serta administrasi dan pelaporan. (*/yus)
0 komentar: